23 Mei 2010

Cek Kondisi Hard Disk

Komputer atau laptop anda sering hang, restart sendiri atau kinerja komputer anda kian terasa lambat sekali? jika anda mengalami salah satu hal di atas, kemungkinan besar hard disk anda sudah terkena bad sector. Bad sector adalah suatu kondisi dimana hardisk anda sudah mengalami aus sehingga ada bagian (sector) tertentu yang tidak bisa terbaca. Hal tersebut terjadi karena komputer anda sering dimatikan tidak secara semestinya (tekan tombol restart atau listrik yang tiba-tiba padam).


Hard disk yang terkena bad sector akan mengakibatkan kinerja komputer menurun drastis atau juga sering mengalami hang bahkan blue screen. Keadaan bad sector terkadang juga mengakibatkan rusaknya data yang tersimpan di area yang terkena bad sector. Ingin tahu apakah hard disk anda mengalami keadaan demikian di atas? Cek hard disk komputer anda, bagaimana caranya? Baca terus artikel ini.


Sebenarnya, pada windows XP sudah tersedia tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi hard disk, namun karena fasilitas ini berada di under dos, saya rasa buat yang awam seperti saya informasi yang dihasilkan kurang bisa dipahami.





Nah jika anda ingin melakukan pengecekan kondisi hard disk anda dengan mudah, ada beberapa pilihan tools atau software pihak ke 3 yang mampu menghasilkan informasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami diantaranya adalah HD Tune dan HDDScan.


HD Tune Pro 3.50 – Hard Disk Utility
HD Tune Pro menjadi pilihan software terbaik untuk melakukan checking hard disk. Banyak informasi yang akan kita dapatkan, 4 diantaranya adalah Benchmark, Info, Health dan Error Scan.


  1. Benchmark akan memberikan anda informasi kecepatan baca tulis dan waktu akses hard disk komputer.




  2. Info akan memberikan anda informasi detail hard disk anda, mulai dari fitur apa saja di support oleh drive anda serta informasi tentang firmware drive anda.
  3. Health memberikan anda informasi kondisi kesehatan hard disk (health status).
  4. Error scan. Fitur ini akan memberikan anda laporan apakah ada error pada hard disk anda dan fitur inilah yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan apakah hard disk yang anda miliki sudah terkena bad sector atau belum. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, jangan gunakan modus quick scan. Jika hasil dari error scan ada yang berwarna merah itu berarti hard disk anda sudah mengalami kerusakan (bad sector).


HDDScan 3.2
Berbeda dengan HD Tune, software yang satu ini dikususkan untuk mengecek kondisi hard disk (low level HDD scan). Kelebihan dari HDDScan adalah HDDScan mampu memberikan informasi yang lebih detail yaitu dengan menampilkan waktu akses masing-masing blok (bagian) pada hardisk anda. Tidak hanya itu, kelebihan lain terletak pada kemampuannya melakukan pengecekan (scanning) pada beberapa media IDE/SATA/SCSI hard disk drives, RAID arrays, external USB/Firewire hard disks dan juga Flash cards.


Untuk melakukan scanning anda hanya tinggal meng klik 2 kali file HDDScan.exe dan klik S.M.A.R.T dan lihat report nya. Hard disk yang memiliki kondisi baik bertanda hijau pada hasil scan nya. Jika anda tanda berbentuk tanda seru, itu menandakan ada suatu masalah pada hard disk anda.





HDDScan is a freeware utility for hard drive diagnostics (RAID arrays and Flash USB drives are also supported). The program can test storage device for errors (Bad-blocks and bad sectors), show S.M.A.R.T. attributes and change some HDD parameters such as AAM, APM, etc.


Setelah mengetahui kondisi hard disk komputer anda, sekarang anda dapat mengetahui apa yang menyebabkan komputer anda tidak berjalan sesuai keinginan (sering blank, lambat dan blue screen), saatnya mengambil tindakan. Sebelum mengambil tindakan untuk mengganti hard disk anda, ikuti langkah cara memperbaiki hard disk yang terkena bad sector pada artikel selanjutnya, so jangan lupa untuk berlangganan feed software magazine agar tidak ketinggal artikel berikutnya.


Download HD Tune Pro
Download HDDScan 3.2


Artikel Cek Kondisi Hard Disk ini pertama kali ditulis oleh Drajat A Ghozali di blog Majalah Komputer Online. Artikel ini bebas untuk didistribusikan ulang untuk kepentingan non komersial selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak mengubah isi.

Ditulis Oleh : Anto Blog's // 23.12.00
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Anto Blog's berkata: silahkan isi papan komentar dibawahi ini